Hindari Kantong Plastik Hitam Untuk Daging Kurban

Padang, tabiknet – Idul Adha akan segera tiba. Sejumlah persiapan pun dilakukan masyarkat untuk menyambutnya. Dinas Kesehatan Kota Padang kembali mengingatkan masyarakat atau panitia kurban agar tidak menggunakan kantong plastik atau kresek hitam untuk pembungkus daging kurban. Pasalnya, pemakaian kantong plastik hitam dapat memicu kanker.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani mengatakan untuk membungkus daging kurban, panitia kurban bisa menggunakan kantong plastik selain berwarna hitam atau daun.

“Kita ingatkan kembali pemakaian kantong plastik berwarna hitam bisa merusak kesehatan, bahkan dalam pemakaian jangka panjang bisa memicu kanker,” ujar Feri Mulyani.

Feri Mulyani menjelaskan, diantara kandungan kantong plastik berwarna hitam adalah logam timbal.

Logam ini mudah berpindah ke makanan. Jika terkena panas atau sinar matahari maka logam yang terdapat pada kantong plastik dapat mencemari daging. Dan daging yang sudah terkontaminasi dengan logam dalam jangka panjang dapat merusak kesehatan.

Selain itu, kantong kresek hitam biasanya sudah di didaur ulang berkali-kali. Semakin sering kresek di daur ulang, teksturnya akan menjadi tebal, tidak elastis atau mudah sobek, kasar, dan berbau.

Untuk itu, dia mengimbau masyarakat agar menghindari pemakaian kantong plastik berwarna hitam saat pembagian daging kurban pada Idul Adha nanti. (tnch)

Tinggalkan komentar

Next Post

HMJ Fotografi ISI Gelar Webinar Dunia Imaji

Ming Jul 19 , 2020
Padang Panjang, tabiknet – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fotografi ISI Padang Panjang, beberapa waktu lalu, menggelar kegiatan Bincang Kita dengan bentuk kegiatan slideshow karya. Slideshow karya bertajuk “Dunia Imaji”, menghadirkan dua orang alumni Prodi Fotografi ISI yang sudah bekerja secara profesional di industri kratif, yakni Novrizal Anton dan A. Nick […]